Tentang IF UBAYA

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Informatika yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas, karya penelitian, dan layanan bagi masyarakat yang unggul di bidang kecerdasan buatan, keamanan siber, multimedia, dan manajemen informasi untuk mencapai reputasi internasional
 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang menyeimbangkan hard skill dan soft skill untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan di bidang kecerdasan buatan, keamanan siber, multimedia, dan manajemen informasi dan karakter unggul sesuai dengan kebutuhan masyarakat bisnis dan industri;
  2. Menghasilkan penelitian dan penerapan keilmuan informatika di bidang kecerdasan buatan, keamanan siber, multimedia, dan manajemen informasi yang berkualitas dan berdampak signifikan dan positif bagi masyarakat dalam upaya mencapai pengakuan internasional;
  3. Mengadaptasi perkembangan teknologi di bidang kecerdasan buatan, keamanan siber, multimedia, dan manajemen informasi dan mengoptimalkan pemanfaatannya dalam layanan tri-dharma sebagai perwujudan dari citra teknik informatika yang inovatif dan unggul.

Sambutan Kepala Program Studi

Selamat datang di Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya.

Program Studi Teknik Informatika merupakan salah satu program studi di Fakultas Teknik Univeritas Surabaya dengan jumlah mahasiswa terbanyak yang berasal dari berbagai penjuru wilayah Indonesia. Program studi ini berdiri pada tahun 1986 dan sejak tahun 1998 sampai saat ini telah memperoleh peringkat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Hal ini merupakan salah satu prestasi dan keunggulan yang dimiliki oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya.

Melaui website ini kami memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya baik dari aspek fasilitias, kurikulum, dosen, prestasi mahasiswa, maupun berita-berita lain yang berkaitan dengan program studi.

Semoga website ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengunjung. Jika pengunjung ingin memperoleh informasi lebih lanjut tentang Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya silahkan mengirim email ke if@unit.ubaya.ac.id. Demikian terima kasih.


Dr. Joko Siswantoro, S.Si., M.Si.

Profil Lulusan

  1. Lulusan mampu menerapkan keilmuannya untuk mengembangkan solusi dari permasalahan bisnis, industri dan sektor publik dengan menggunakan teknologi informasi pada berbagai platform.
  2. Lulusan mampu bekerjasama dalam tim, berkomunikasi dengan efektif, memiliki etika dan bertanggung jawab dalam pekerjaaannya
  3. Lulusan mampu mengembangkan keilmuannya secara berkelanjutan baik melalui jalur akademis maupun non akademis

Capaian Pembelajaran Lulusan

SIKAP

S1

S2

 

Keterampilan Umum (KU)    

KU1

 

KU2

 

Penguasaan Pengetahuan (PP)   

PP1 : Menguasai konsep matematika fundamental dan prinsip ilmu komputer serta bidang ilmu lain yang relevan.

PP2-DSAI : Menguasai konsep data science dan kecerdasan buatan, serta penerapannya untuk pengembangan perangkat lunak (Program DSAI)

PP2-GD : Menguasai konsep game workflow mulai dari pra produksi hingga publikasi yang mencakup konsep gameplay design, game asset design serta pemrograman game.(Program GD).

PP2-IMES : Menguasai konsep manajemen informasi serta pemrograman sistem enterprise termasuk konfigurasi dan integrasinya (Program IMES).

PP2-MM : Menguasai konsep layout dan desain, teknik pemodelan dan animasi, konsep videografi, konsep perancangan dan desain game, serta multimedia interaktif lainnya. (Program MM).

PP2-NCS : Menguasai konsep jaringan komputer terkini dan berbagai macam metode pengamanannya hingga penelusuran jejak digital yang diperlukan pada suatu organisasi. (Program NCS).

 

Keterampilan Khusus (KK)   

KK1 : Mampu menganalisis masalah dan merumuskan solusinya melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

KK2 : Mampu menganalisis, mendesain, dan mengimplementasikan sistem berbasis komputer untuk menyelesaikan masalah secara inovatif, terstruktur, dan teruji dengan memanfaatkan teknologi Internet, jaringan komputer, dan mobile.

KK3 : Mampu memberikan berbagai desain solusi yang optimal dan membuat rekomendasi putusan berdasarkan pertimbangan keilmuan Teknik Informatika terkini.