Tentang Kami

Program Studi Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika adalah program strata S-1 yang berada di dalam naungan Fakultas Teknik, Universitas Surabaya. Program Studi ini memiliki Akreditasi "A" sejak tahun 1998 sampai saat ini.

Teknik Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Dengan demikian ilmu yang dipelajari di Teknik Informatika tidak hanya berupa konsep dan teori saja tapi juga penerapan praktis keilmuan tersebut. Dengan demikian lulusan Teknik Informatika Ubaya selain mampu beradaptasi di dunia industri dengan cepat, lulusan tersebut akan dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang komputer.

Program Studi ini didirikan pada tahun 1986, disahkan pendiriannya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0729/0/1986. Pada tahun 1994, status Program Studi Teknik Informatika meningkat menjadi DIAKUI. Pada tahun 1998, BAN PT mengeluarkan surat keputusan No.002/BAN-PT/Ak-II/XII/98, dan memberikan akreditasi A kepada Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya. Di Indonesia hanya ada sedikit Program Studi Teknik Informatika yang memperoleh peringkat Akreditasi A. Selanjutnya pada tahun 2004, BAN PT kembali mengeluarkan surat keputusan No.016/BAN-PT/Ak-VII/S1/V/2004, dan memberikan akreditasi A kepada Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya. Akreditasi A berlanjut di tahun 2011 dengan surat keputusan No. 005/BAN-PT/Ak-SURV-II/S1/I/2011. Pada tahun 2014, Program Studi Teknik Informatika tetap mendapatkan Akreditasi A dengan surat keputusan No. 478/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014. Sampai dengan saat ini, Program Studi Teknik Informatika tetap mendapatkan Akreditasi A dari BAN PT dengan surat keputusan No. 6687/SK/BAN-PT/SURV-BDG/S/X/2020.

Program Studi Teknik Informatika mempunyai program-program yang up-to-date dan relevan dengan kebutuhan dunia saat ini. Program-program tersebut adalah sebagai berikut :

Program Data Science & Artificial Intelligence.
Data Science and Artificial Intelligence (DSAI) adalah bagian dari keilmuan informatika yang mensinergikan disiplin ilmu komputer dan statistika. Saat ini DSAI merupakan bidang yang sedang berkembang dengan pesat dan dibutuhkan di banyak perusahaan di seluruh dunia. Di era revolusi industri 4.0, DSAI memainkan peranan penting dalam transformasi digitalisasi industri. Program DSAI ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang visioner dalam Data Science and Artificial Intelligence.

Program Game Development
Bekerja di industri game memiliki prospek menjanjikan setelah industri entertainment film dan musik. Menurut Asosiasi Game Indonesia (AGI), market gaming di Indonesia terus tumbuh. Diprediksi tahun 2030 Indonesia akan menjadi top 5 game market di seluruh dunia dengan revenue USD 4.3 miliar. Dukungan pemerintah tertuang melalui RUU Ekonomi Kreatif untuk mendukung kepentingan industri lokal. Game Development memberikan pembekalan komprehensif kepada mahasiswa tentang siklus game development mulai dari pre-production hingga proses publish.

Program Network & Cyber Security
Network & Cyber Security adalah program di bidang Informatika yang berfokus di bidang jaringan dan keamanan data. Kurikulum Program Network & Cyber Security dirancang agar lulusan mempunyai pengetahuan yang baik dalam bidang informatika, khususnya pengamanan data, penyediaan layanan Intranet, Internet dan pengamanan sistem, yang dapat diaplikasikan untuk menemukan solusi inovatif dan aman bagi permasalahan nyata di bidang bisnis, sains, dan teknologi. Dengan demikian lulusan Program Network & Cyber Security mempunyai kesempatan yang baik untuk dapat bersaing di era ekonomi digital dan mendukung penuh dalam berlangsungnya penggunaan teknologi terkini pada era Industri 4.0.

Program Information Management & Enterprise System
Program Information Management dan Enterprise Systems membahas manajemen, analisis, konsolidasi, pemrosesan dan penyajian informasi dengan tujuan untuk mendukung integrasi dan akselerasi proses bisnis yang berjalan di berbagai area fungsional sistem perusahaan dengan penerapan teknologi informasi, algoritma dan metodologi terkini.

Program Sistem Informasi Bisnis
Sistem Informasi Bisnis Jurusan Teknik Informatika UBAYA berkomitmen untuk mengajarkan pengembangan dan penerapan TIK untuk meningkatkan kinerja proses bisnis pada organisasi. Melalui metode yang efisien dan efektif, “informasi” yang ada dalam sebuah organisasi dapat diciptakan, diproses, didistribusikan, dan diintegrasikan ke dalam proses bisnis yang ada.

Program Multimedia
Bukan sekedar desain, tetapi desain yang dilengkapi dengan teknologi adalah jiwa dari Program Multimedia untuk menjawab kebutuhan berbagai aspek kehidupan dan bisnis. Produk multimedia seperti game, video, animasi 2D/3D, dan aplikasi web atau mobile yang interaktif telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup sehari-hari

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) meliputi segala aspek kehidupan manusia, baik dunia ilmu, bisnis dan industri, pemerintahan, pendidikan, serta sosial. Bidang TIK merupakan profesi yang berkembang sangat cepat dan banyak terserap pada dunia kerja. Teknik Informatika Universitas Surabaya mempelajari konsep dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada pelbagai bidang. Lulusan dibekali dengan kemampuan pemrograman serta pengembangan perangkat lunak yang dimplementasikan pada komputer, internet, dan mobile communication.