Tugas Akhir

  1. Mahasiswa mencari dan meminta kesediaan dosen yang memiliki kompetensi sesuai dengan topik TA sebagai Calon Dosen Pembimbing TA. Kompetensi masing-masing dosen dapat dilihat di https://if.ubaya.ac.id/index.php/akademik/Civitas
  2. Mahasiswa berkonsultasi dengan Calon Dosen Pembimbing yang telah bersedia terkait dengan topik Tugas Akhir sampai menjadi proposal Tugas Akhir.
  3. Setelah Calon Dosen Pembimbing menyetujui proposal TA, mahasiswa dapat upload proposal TA tersebut dengan melampirkan screen shot email/chat persetujuan proposal TA dari Calon Dosen Pembimbing ke folder Proposal Baru di Google Drive Jurusan pada link: https://tinyurl.com/UploadProposal
  4. Format penamaan: Proposal TA_NRP.docx
  5. Mahasiswa mengisi Google Form pada link: https://tinyurl.com/PengajuanProposal
  6. Kalab menentukan reviewer proposal TA.
  7. Setelah mendapatkan komentar dari reviewer, mahasiswa melakukan revisi proposal TA dan berkonsultasi dengan Calon Dosen Pembimbing TA.
  8. Setelah revisi dilakukan, mahasiswa menguploadkan proposal yang ke folder Proposal yang telah direvisi pada link: https://tinyurl.com/UploadProposalTAFinal
  9. Setelah semua reviewer menyetujui proposal yang diajukan, mahasiswa memilih Calon Dosen Pembimbing ke-2 dari salah satu reviewer yang bersedia membimbing dan menginformasikan dengan cara menulis comment pada kolom salah satu reviewer yang dipilih sebagai dosen pembimbing 2 yaitu: dosen pembimbing 2 @if@unit.ubaya.ac.id.Tetapi jika kedua reviewer tidak ada yang bersedia membimbing, maka mahasiswa menginformasikan hal ini melalui email ke Kajur/Korprog.
  10. Mahasiswa harus mengurus pembuatan Surat Tugas Pembimbing TA/Kartu Biru setelah menginputkan Mata Kuliah Tugas Akhir paling lambat pada saat perwalian semester berikutnya.
    Syarat kelengkapan pengurusan Surat Tugas Pembimbing TA/Kartu Biru adalah sebagai berikut :
    1. Kartu Studi/KS
    2. Transkrip.
    3. Proposal Tugas Akhir.
    4. Screen Shot bukti penetapan Dobing 1 dan Dobing 2 pada Google Sheet.
  11. Untuk pencatatan histori bimbingan Tugas Akhir, mahasiswa membuat Google Sheet yang formatnya seperti Kartu Biru dan disetujui oleh dosen pembimbing setiap kali proses bimbingan

 

Latihan Seminar Tugas Akhir (LSTA)

  1. Mahasiswa meminta persetujuan Dosen Pembimbing 1 dan 2 untuk maju siding TA.
  2. Dosen Pembimbing 1 dan 2 memberikan persetujuan maju sidang Tugas Akhir melalui MyUbaya.
  3. Mahasiswa mendaftarkan diri sebagai penyaji untuk mengikuti LSTA dengan mengisi Google Form yang diberikan oleh Panitia LSTA

 

Maju Sidang Tugas Akhir

UPLOAD seluruh berkas berikut ini dalam sebuah folder yang anda buat dengan format : NRP_BerkasMajuSidang pada folder Google Drive Jurusan Pengumpulan Berkas Maju Sidang. Lokasi Folder akan diumumkan menyusul oleh PAJ. Aturan penamaan mengikuti format berikut ini :

  1. Naskah TA : dalam bentuk folder dengan format penamaan NRP_NaskahTA. Didalamnya boleh termuat sebuah file atau file-file Naskah TA yang diperlukan dalam bentuk file pdf.
  2. Proposal TA beserta Screen Shot bukti penetapan Dobing 1 dan Dobing 2: kedua berkas ini dijadikan 1 file dengan format penamaan NRP_ProposalTA.pdf
  3. Print out kartu studi terakhir : dalam bentuk file NRP_KS.pdf
  4. Surat Tugas, Kartu Bimbingan TA (boleh kosong) dan bukti bimbingan online dari google sheet (minimal 8x/dosen pembimbing) :semua berkas ini dijadikan 1 file dengan format penamaan NRP_STKartuBiru.pdf
  5. Sertifikat LSTA (pendengar 1x, penyaji 1x) : kedua berkas ini dijadikan 1 file dengan format penamaan NRP_LSTA.pdf
  6. Bukti bimbingan dengan dosen wali. Setiap semester MINIMAL 3x : dalam bentuk file dengan format penamaan NRP_DosenWali.pdf
  7. Video promosi yang akan ditampilkan pada saat presentasi sidang TA : dalam bentuk file dengan format penamaan NRP_VideoPromosi.mp4. Di dalam video promosi harus memuat logo ubaya, nrp, nama mahasiswa dan nama semua dosen pembimbing TA.

 

  1. Tugas Akhir (TA) dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 1 semester.
  2. Sejak semester Genap 2015/2016, pengerjaan TA telah diintegrasikan dengan matakuliah Metodologi Penelitian (MetPen). Untuk bisa lulus MetPen, Mahasiswa peserta MetPen harus sudah mendapatkan topik TA, membuat proposal, dan mengerjakan TA hingga bab 3.
  3. Dengan demikian, saat Mahasiswa mengambil TA di semester setelah MetPen, Mahasiswa tinggal mengerjakan bab 4 – bab 7.
  4. Karena itu, 1 semester yang diberikan untuk mengerjakan TA ini seharusnya sudah sangat cukup.
  5. Jika ternyata mahasiswa masih belum juga dapat menyelesaikan TA nya setelah 1 semester maka Jurusan akan mengevaluasi apakah mahasiswa tersebut masih diperbolehkan atau tidak untuk melanjutkan pengerjaan TA tersebut dengan tambahan waktu 1 semester lagi.
  6. Untuk dapat memperoleh tambahan waktu 1 semester lagi, Mahasiswa harus:
    1. Mengisi form permintaan perpanjangan pengerjaan TA yang dapat di google drive di Folder: Untuk Mahasiswa>Form>TA > Form Perpanjangan TA.
    2. Membuat surat permohonan untuk diperbolehkan melanjutkan pengerjaan TA tersebut. Surat ditujukan ke Ketua Jurusan dan harus berisi poin-poin sebagai berikut:
      1. Penjelasan mengapa TA Anda tidak selesai dalam waktu 1 semester
      2. Penjelasan tentang kondisi TA Anda hingga saat ini (apa saja yang sudah dikerjakan)
      3. Mengapa Anda layak mendapat perpanjangan waktu pengerjaan TA
      4. Target, rencana, dan strategi Anda untuk menyelesaikan TA tersebut dalam perpanjangan waktu yang diberikan (disertai Gantt Chart yang menunjukkan aktifitas yang hendak dilakukan, minggu-perminggu)
    3. Bubuhkan tanda tangan Anda di form perpanjangan pengerjaan TA dan di surat permohonan
    4. Keseriusan Anda dalam membuat Surat permohonan di nomor 6.2 akan menentukan apakah TA Anda dapat diperpanjang atau tidak. Yakinkan kami, bahwa memang Anda layak mendapat perpanjangan. Surat yang tidak meyakin dibuat secara asal asalan atau diketahui berasal dari copy-paste surat permohonan yang lain, dipastikan tidak akan diberi perpanjangan.
    5. Kirimkan semua berkas beserta bukti persetujuan dari semua dosen pembimbing dan Ketua Jurusan boleh dalam bentuk screenshot email atau chat ke PAJ melaui email if@unit.ubaya.ac.id.

 

Aturan Umum :

  1. Semua berkas harus disiapkan secara softcopykecuali Pas Foto.
  2. Berkas softcopy adalah berkas hardcopy yang di scan dengan scanner maupun aplikasi scanner via HP.
  3. Upload berkas softcopy ke Folder Google Drive anda, lalu share kan linknya ke PAJ via email: if@unit.ubaya.ac.id, donnyirnawan@staff.ubaya.ac.id dan anang@staff.ubaya.ac.idagar PAJ dan PAL bisa cek dan mendownload berkas softcopynya.
  4. Penamaan Folder berisi berkas pada google drive adalah :
    BerkasSKLNRP (Contoh
    : BerkasSKL160717015)
     

Adapun berkas-berkas yang harus disiapkan adalah sebagai berikut :

  1. Foto hitam putih ukuran 4x6 (4 lembar) dan 3x4 (2 lembar).
    1. Pria: memakai jas hitam dan berdasi.
    2. Wanita: pakai blazer hitam.
    3. Telinga harus kelihatan (kecuali yang berhijab)
    4. Tidak memakai kacamata (bila berkacamata, harap dilepas). Pas Foto dimasukkan ke dropbox jurusan pada pos security.
  2. Foto copy KTM.
  3. Print out bukti Pembayaran UPP terakhir (dari web myUbaya).
  4. Print out Cek Kelulusan (dari web cek kelulusan).
  5. Print out Transkrip terbaru (nilai TA sudah masuk) – dari myUbaya.
  6. Print out Kartu Studi – dari myUbaya.
  7. Bukti telah memberikan sumbangan ke Jurusan dalam bentuk Bukti Transfer ke Rekening Jurusan (khusus kondisi saat ini sumbangan hanya dalam bentuk uang yang ditransferkan ke Rekening Jurusan BCA : 1300202973 an Naimah Kusuma ) Tanda terima sumbangan dari jurusan akan diberikan PAJ setelah masa WFH selesai.
  8. Print out hasil upload buku TA dan jurnal ke web digilib.ubaya.ac.id. [Terdapat prosedur terbaru dari perpus sehubungan dengan kondisi LFH. Silakan anda dapat mencermatinya di http://elib.ubaya.ac.id/lib/]
  9. Bukti Bebas Pinjam Laboratorium yang didapatkan dengan cara menghubungi PAL via email donnyirnawan@staff.ubaya.ac.id dan anang@staff.ubaya.ac.id, dengan Subject : PERMOHONAN BUKTI BEBAS PINJAM LAB – NRP.
  10. Program TA, Buku TA, Video Promosi dan jurnal yang diupload di Folder Google Drive BerkasSKLNRP.
  11. Scan tanda terima penyerahan berkas TA dari laboran (di TC4).
  12. Print out Transkrip Non Akademik.
  13. Print out bukti telah daftar di web alumni (data harus lengkap dan berisi foto).
  14. File cover buku TA dan lembar pengesahan dengan QR Codenya lengkap.
  15. Scan Surat tugas TA dan kartu bimbingan semua dosen pembimbing.
  16. Scan KTP.
  17. Tanda tangan digital