Kembali

Joseph Kristiano Mahasiswa IF Ubaya Meraih Juara II Healthkathon
Joseph Kristiano Mahasiswa IF Ubaya Meraih Juara II Healthkathon
01 Nov 2022 Oleh s160719008

Congratulations kepada sobat kita, Joseph Kristiano, mahasiswa Teknik Informatika Ubaya meraih juara II di perlombaan BPJS Kesehatan Healthkathon kategori Machine Learning. Healthkaton merupakan kompetisi yang diadakan oleh BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) untuk menjaring talenta-talenta digital Indonesia supaya dapat berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional Indonesia. Healthkaton 2022 bidang Machine Learning mencari inovasi model machine learning yang dapat diterapkan sesuai dengan dataset yang disediakan.

Project yang ia buat dalam perlombaan ini adalah model machine learning untuk klasifikasi transaksi kunjungan pasien BPJS Kesehatan. Klasifikasi membagi transaksi menjadi transaksi yang efisien (label 0) dan transaksi yang berpotensi terjadi inefisiensi (label 1), semacam fraud detection.

Tantangan terbesar menurut Joseph adalah imbalance pada dataset yang digunakan untuk melatih model machine learning, yaitu sangat banyak label negatif, namun sangat sedikit label positif. Butuh kreativitas dan trick untuk mengolah data berjumlah 11 juta record, dibatasi dengan memori yang terbatas, dan menghasilkan mode machine learning yang seimbang. Selain itu, kemudahan implementasi juga menjadi salah satu aspek penilaian.

”BPJS Kesehatan Healthkaton saat ini merupakan salah satu pelopor kompetisi bidang Machine Learning dan Penetration Testing di Indonesia. Semoga bisa menjadi teladan bagi institusi lainnya untuk mengadakan kompetisi seperti ini. Pesan saya, semoga dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan terutama bidang Machine Learning dan Penetration Testing. Dan bagi teman-teman yang ingin berkompetisi serupa, perhatikan kebutuhan institusi yang menyelenggarakan dan kemungkinan di masa depan, tidak hanya sekedar mencetak skor atau performa model machine learning tertinggi.”, kesan dan pesan dari Joseph Kristiano.

Keren-keren ya sobat kita ini. Kami segenap keluarga besar Informatika UBAYA mengucapkan selamat dan terima kasih atas kerja keras dan usaha yang telah dikerahkan sehingga prestasi ini dapat tercapai. Semangat dan tetap terus berkarya!????