Kerja Praktik

PROSEDUR KERJA PRAKTEK SELAMA LEARNING FROM HOME VERSI LEARN FROM HOME

 

Untuk mengajukan Kerja Praktek, mahasiswa minimal lulus 90 sks.

  1. Mahasiswa mencari instansi tempat Kerja Praktek. Syarat instansi tempat Kerja Praktek (KP) adalah sebagai berikut:
    1. Instansi harus resmi (memiliki SIUP atau dokumen resmi lainnya)
    2. Memiliki lokasi fisik/dapat difoto tampak depan dan memiliki papan nama instansi 2.
  2. Mahasiswa mencari dan meminta kesediaan dosen yang bersedia membimbing KP.
  3. Mahasiswa berkonsultasi dengan Calon Dosen Pembimbing yang telah bersedia terkait dengan topik KP sampai menjadi proposal KP.
  4. Setelah Calon Dosen Pembimbing menyetujui proposal KP, mahasiswa harus menyiapkan:
    1. Proposal KP (Format Penamaan: ProposalKP_Nrp1_Nama1_Nrp2_Nama2.docx)
    2. Screenshot email/chat persetujuan proposal KP dari Calon Dosen Pembimbing
    3. Form KP-01 - Permohonan KP yang telah diisi dan ditandatangani oleh Mahasiswa
    4. Proposal Kerja Praktek
    5. Kartu Studi terakhir
    6. Transkrip terakhir
    7. Foto papan nama instansi
    8. SIUP/Dokumen resmi instansi (kecuali Kerja Praktek di UBAYA) Buat folder baru di Google Drive Jurusan pada link : 
      https://tinyurl.com/unggah-proposal-kp dengan format penamaan: KP_Nrp1_Nama1_Nrp2_Nama2
  5. Upload semua file tersebut ke folder yang telah Anda buat di no.4.
  6. Mahasiswa mengisi Google Form pada link https://tinyurl.com/form-proposal-kp
  7. Setelah semua berkas lengkap maka PAJ mengirim email surat permohonan KP dan pembimbing instansi ke instansi tempat KP dengan tembusan ke mahasiswa.
  8. Setelah mendapat balasan dari instansi, PAJ mengecek dan memproses Surat Tugas KP. Kerja Praktek baru boleh berjalan setelah Surat Tugas KP diterima mahasiswa.
  9. PAJ mengirim Surat Tugas KP ke Instansi tempat KP melalui email dengan tembusan ke mahasiswa.

 

Untuk melakukan perpanjangan KP mahasiswa harus input KP di program perwalian (FPP).

 

  1. Mahasiswa mendapat persetujuan selesai KP dari dosen pembimbing.
  2. Mahasiswa meminta tanda tangan pembimbing instansi di lembar pengesahan buku laporan KP.
  3. Mahasiswa mengirim file laporan KP ke perpustakaan Ubaya melalui email ubayalib@gmail.com
  4. Mahasiswa menerima tanda terima bukti penyerahan laporan KP melalui email dari perpustakaan.
  5. Mahasiswa harus menyiapkan dokumen berikut:
    1. Form KP-05 - Selesai KP (dapat diambil di google drive)
    2. Surat Tugas KP + KS terakhir.
    3. File program dan laporan KP
    4. Scan tanda terima penyerahan berkas KP dari laboran (di TC4).
    5. Bukti tanda terima penyerahan buku KP dari perpustakaan Ubaya
    6. File scan lembar pengesahan dan cover Buku KP.
  6. Upload semua file tersebut ke folder yang telah Anda buat di no.5.
  7. Mahasiswa mengirim email ke PAJ (alamat: if@unit.ubaya.ac.id ) dengan Subject: Selesai Kerja Praktek.
  8. Mahasiswa mengirimkan Buku Laporan KP lengkap dengan lembar pengesahan dikirim ke PAJ untuk ditandatangani dosen pembimbing.
  9. PAJ memproses surat permohonan nilai KP ke instansi dan dosen pembimbing.
  10. Batas akhir pengurusan selesai KP setiap semester adalah pada akhir minggu ke-2 UAS. Jika melebihi batas waktu tersebut maka nilai KP akan masuk di semester berikutnya (mahasiswa harus input KP di FPP semester berikutnya).