Kembali

Lulus Sidang Skripsi Itu Menyenangkan
Lulus Sidang Skripsi Itu Menyenangkan
25 Jan 2017 Oleh hdinata

Pada periode bulan Januari 2017 ini, baru saja selesai diselenggarakan sidang skripsi yang dimulai sejak tanggal 16 Januari 2017 hingga 24 Januari 2017. Tidak kurang dari 38 orang mahasiswa terdaftar sebagai peserta sidang skripsi ini.

Sidang skripsi merupakan bentuk ujian terakhir yang harus diikuti mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Mereka yang mengikuti proses sidang ini terlebih dahulu telah berjuang selama setidaknya 1 semester menyelesaikan skripsi atau Tugas Akhir mereka.

Grogi, gugup dan tegang adalah perasaan-perasaan yang biasa dialami para peserta sidang skripsi sebelum sidang dimulai. Tetapi setelah keluar dari ruang sidang, semua perasaan itu sirna, digantikan oleh perasaan senang, bahagia, dan terharu.

Dari antara 38 mahasiswa yang mengikuti sidang skripsi di bulan Januari ini, beberapa di antara mereka adalah mahasiswa angkatan tahun 2013. Itu artinya apabila mereka mampu menyelesaikan seluruh persyaratan administrasi kelulusan, mereka dapat dianggap lulus kuliah 3,5 tahun.

Ya, mereka yang lulus sidang skripsi sebenarnya tidak otomatis dinyatakan resmi menyandang gelar S.Kom. Boleh dibilang, sidang skripsi adalah awal dari perjalanan akhir kuliah. Perjalanan akhir ini mulai berlanjut dari hasil yang didapat di dalam persidangan. Di saat sidang skripsi, hasil karya mahasiswa akan diuji oleh dua orang dosen penguji. Penguji akan melihat perlu tidaknya karya mahasiswa ini direvisi untuk lebih menyempurnakan karya itu sendiri yang luar biasa.

Selesai merevisi, mahasiswa masih harus menyelesaikan syarat-syarat administrasi lain hingga diterbitkannya Surat Keputusan dari Fakultas Teknik Universitas Surabaya yang menyatakan bahwa si mahasiswa telah lulus kuliah. Selanjutnya mahasiswa tinggal mendaftar untuk mengikuti Wisuda yang diselenggarakan oleh pihak Universitas secara serentak bersama jurusan-jurusan yang lain.

Congrats untuk mereka yang telah dinyatakan lulus Tugas Akhir atau skripsi. Perjuangan di masa depan masih panjang!