Kembali

20 Jun 2022 Oleh s160719008

Tiga puluh lima tahun usia Fakultas Teknik Universitas Surabaya. Perjalanan panjang yang penuh warna, keragaman, dan prestasi. Dalam rangka memeriahkan LUSTRUM VII atau ulang tahun ke 35 Fakultas Teknik ini, Jurusan Teknik Informatika menyelenggarakan serangkaian acara. Ada workshop, talkshow, lomba, dan pameran karya mahasiswa. Acara yang digelar di East Atrium Grand City Surabaya pada tanggal 8 Juni 2022 dihadiri oleh keluarga besar Teknik Informatika Ubaya serta pelajar SMP, SMA, SMK, dan umum.

Rangkaian acara dibuka dengan Workshop yang berjudul “Desain Grafis dengan Canva” dengan narasumber Tyrza Adelia, S.Sn., M.Inf.Tech., dosen Program Multimedia UBAYA. Workshop diawali dengan penjelasan tentang elemen-elemen desain grafis. Terlihat peserta dengan seksama memperhatikan penjelasan dari Bu Tyrza. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi workshop penggunaan aplikasi Canva menggunakan smartphone. Pada sesi workshop ini peserta diajarkan langsung membuat Instagram Feed Puzzle 3x3. Peserta dengan antusias mencoba langsung di smartphone mereka.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi lomba canva. Peserta lomba diwajibkan untuk membuat Instagram Puzzle Grid 3x3 yang bertujuan untuk mempromosikan produk board game yang telah disediakan panitia. Peserta langsung menuju ke booth board game. Mereka mencoba mengubah-ubah posisi board game tersebut dan memfoto.

Berseling dengan acara lomba canva, digelar sesi Talkshow Cangkruk Bareng GenZ dengan tema “Building Smart City: Are we Ready?”. Narasumber tidak main-main. Mereka adalah tokoh-tokoh yang malang melintang pada bidang Smart City, yaitu Cak Agung Imam Sonhaju, S.T., M.MT. Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Cak Daniel Hary Prasetyo, S.Kom., M.Sc., Ph.D. dosen Teknik Informatika Ubaya dan konsultan e-Government dan Smart City. Sedangkan bertindak sebagai moderator Cak Daniel Soesanto S.T. dosen Teknik Informatika Ubaya dan tim pengembang GRMS Kota Surabaya. Dalam talkshow ini dibahas trend perkembangan smart city dan implementasinya. Smart city memiliki 6 dimensi yaitu Smart Government, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment. Implementasi Government Resource Management System (GRMS) memiliki berbagai keuntungan, yaitu efisiensi, efektifitas, transparan dan akuntabilitas.

Setelah acara talkshow selesai, berlangsung seminar 30 menit membuat Virtual Reality (VR) dengan Unreal Engine. Pembicara kali ini adalah Dr. Delta Ardy Prima, S.ST., M.M.T. dosen Teknik Informatika Universitas Surabaya. Melalui seminar ini, peserta diajak untuk melihat dan memperluas wawasan perkembangan teknologi VR saat ini. Didemonstrasikan langsung oleh narasumber pembuatan VR dengan Unreal Engine. Terlihat beberapa peserta antusias mencoba langsung merasakan pengalaman VR dengan Oculus.