Kembali

Membuat ilustrasi sticker sederhana menggunakan Canva
Membuat ilustrasi sticker sederhana menggunakan Canva
02 Mar 2022 Oleh s160719008

Pada hari Jumat, 18 Februari 2022 dalam rangka promosi program Multimedia diadakannya roadshow ke SMAK Hendrikus dengan tema “Create Your Own Whatsapp Stickers”. Acara ini diadakan melalui zoom dan dihadiri hampir 400 orang yang terdiri dari guru, staff, serta siswa-siswi kelas SMAK Hendrikus.

Banyak orang yang suka mengekspresikan sesuatu dengan stiker karena lebih lucu dan menarik tetapi masih banyak orang yang belum tahu cara membuatnya dengan cara sederhana. Karena itu, acara kali ni dikemas dalam bentuk workshop untuk mengajarkan kepada peserta bagaimana cara membuat stiker whatsapp dengan aplikasi sederhana. Tentunya narasumber kali ini keren-keren. Mereka merupakan dosen Jurusan Informatika Universitas Surabaya, yaitu Bapak Mikhael Ming Khosasih, S.Kom., M.M. dan Ibu Tyrza Adelia, S.Sn., M.Inf.Tech.

Sesi materi diawali dengan penjelasan mengapa sticker whatsapp penting untuk digunakan. Kemudian dilanjutkan dengan penjabaran elemen-elemen apa saja yang perlu dimasukan ke dalam sebuah sticker WA. Setelah peserta memahami elemen-elemen apa saja yang diperlukan, peserta dijelaskan cara pembuatan ilustrasi sederhana sticker WA menggunakan Sketchbook app. Kemudian, hasil ilustrasi dimasukan ke dalam sticker maker agar bisa digunakan pada WA. Selain itu, peserta juga diajarkan bagaimana membuat stiker animasi untuk WA dengan menggunakan aplikasi Canva.

Saat sesi penunjukkan hasil karya, beberapa peserta memberanikan diri untuk menunjukkan ilustrasi karya mereka dan mereka pun mendapatkan pujian dari narasumber dan teman-teman yang lain. Peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti acara ini, terutama saat sesi tanya jawab banyak peserta yang bertanya seputar animasi.

Bapak Mikhael Ming Khosasih, S.Kom., M.M. dan Ibu Tyrza Adelia, S.Sn., M.Inf.Tech merasa sangat senang menjadi bagian dari acara ini dapat berbagi ilmu kepada siswa-siswa.