Kembali

Salah satu permainan rally games ILPC 2022 Hangman
Salah satu permainan rally games ILPC 2022 Hangman
20 Feb 2022 Oleh s160719008

Teknik Informatika kembali lagi hadir menyelenggarakan Informatics Logical Programming Competition atau yang lebih dikenal dengan ILPC. ILPC adalah kompetisi logika dan pemrograman tingkat nasional yang diadakan setiap tahun oleh Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya (UBAYA) yang diikuti oleh siswa SMA atau sederajat se-Indonesia. ILPC 2022 kali ini mengangkat tema besarnya Artificial Intelligence (AI). Alasan dibalik tema itu adalah AI memiliki dampak yang besar pada saat ini mengingat kita sedang berada pada era pandemi dan seluruh kegiatan bergantung pada teknologi yang ada. Selain itu perkembangan teknologi paling pesat ada pada bagian AI. Untuk tema spesifik pada tahun ini ialah The Future is Now!. ILPC 2022 ini juga memiliki tagline yaitu "March With Technology, Embrace the New Era".

Meskipun di masa pandemi Covid-19 ini tidak menyulutkan semangat peserta untuk mengikuti lomba. Terdapat 51 tim yang mengikuti perlombaan ini. Perlombaan ini dibagi menjadi 3 babak, yaitu babak penyisihan online pada 20-21 Januari 2022, babak semifinal 29 Januari 2022, dan diakhiri dengan babak final pada 30 Januari 2022. Pada babak penyisihan online, tiap tim mengerjakan soal logika dan programming. Dari penyisihan diambil 40 tim terbaik untuk masuk ke babak semifinal. Setelah semifinal akan diambil 15 tim masuk ke babak final. ”Secara keseluruhan acara ini cukup sukses karena acara berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Harapannya saya untuk ILPC 2022, semakin banyak yang mengikuti perlombaan ini dan mewujudkan kepanitiaan yang bisa lebih enjoyable dan memberi dampak positif bagi semua panitia,” kata Sean Alessandro selaku Ketua Pelaksanaan ILPC 2022.

Setelah persaingan yang sengit antar 15 tim, Tim misimolewat dari SMAK St. Louis 1 Surabaya Meraih juara 1. Kemudian posisi juara 2 diraih oleh tim Albert dari SMA Kristen Petra 4 dan diikuti oleh tim Etherum dari SMA Semesta Semarang meraih posisi juara 3. Akhir kata, walaupun masih masa pandemi bukanlah jadi batasan bagi teman-teman untuk berkarya dan berkompetisi.