Kembali

Dosen Teknik Informatika Ubaya Dr. Joko Siswantoro, S.Si., M.Si.
Dosen Teknik Informatika Ubaya Dr. Joko Siswantoro, S.Si., M.Si.
09 Dec 2021 Oleh s160719008

Teknik Informatika Universitas Surabaya kembali memperoleh kebanggaan. Salah satu dosen prodi Teknik Informatika Ubaya Dr. Joko Siswantoro, S.Si., M.Si. berhasil masuk dalam “Top 500 Authors versi Science and Technology Index (SINTA)” untuk kategori 3 years National Rank 2017-2019. Bersaing dengan 229.971 dosen dari seluruh Indonesia Dr. Joko Siswantoro, S.Si., M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Informatika saat ini, menduduki peringkat 484 dengan total score 1934.5.

Science and Technology Index yang biasa disingkat menjadi SINTA adalah portal web yang berisi penilaian kinerja jurnal-jurnal ilmiah berdasarkan standar akreditasi dan sitasi. Portal yang digagas pada tahun 2016 oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia ini melibatkan tenaga ahli dari berbagai institusi. SINTA memberikan akses ke kutipan dan keahlian di Indonesia.

SINTA merupakan sistem informasi penelitian. “Portal web ini menyediakan akses cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja peneliti, institusi dan jurnal di Indonesia. Sinta memberikan benchmark dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing institusi untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, hingga menganalisis tren penelitian dan direktori pakar”, jelas Joko Siswantoro.

Ketua Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya tersebut menyampaikan rasa bangga dan puas atas hasil usaha yang telah dilakukan selama ini. “Ini bukan hanya untuk saya pribadi. Penghargaan ini untuk semua anggota Jurusan Teknik Informatika Ubaya. Semoga hasil ini mendorong rekan-rekan dosen lain untuk meningkatkan karya tulis ilmiahnya. Untuk keperluan diseminasi ilmu”, tambah Joko Siswantoro.

Pencapaian tersebut tentu tidak didapat dengan cuma-cuma. Tentu butuh dedikasi yang tinggi dan kemampuan manajemen waktu yang baik. Dalam mencapai Top 500 Authors SINTA, perlu kerja keras melakukan kajian keilmuan dan menulis artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi, jurnal nasional terakreditasi, maupun seminar internasional.

Banyak artikel ilmiah yang telah ditulis oleh Joko Siswantoro. Di antaranya adalah An android based course attendance system using face recognition dan Biodiesel production from Calophyllum inophyllum-Ceiba pentandra oil mixture: Optimization and characterization.

“Semoga pencapain ini dapat memacu semangat semua dosen di prodi Teknik Informatika Ubaya untuk meningkatkan jumlah publikasi artikel ilmiah khususnya pada jurnal internasional bereputasi”, pungkas Joko Siswantoro.